Tentang Hubungan Egois dan Romantis

Anyway di post kali ini gw mau membahas relasi 'ego' dengan sikap romantis. hal ini terinspirasi dari pengalaman masa lalu dan curhatan temen yang punya pacar gengsinya ampun-ampunan.gw mulai mengobservasi dan mensinergikan semua pengalaman dan akumulasi curhatan temen-temen gw.

Enaknya pake metode apa ya disebutnya? pendekatan psikologis enggak. pake pendekatan fenomenologi enggak juga. ini cuma analisa sotoy-sotoyan gw yang mencoba untuk mengerti posisi cowo.

apa pacar kalian gak romantis? ada beberapa hal yang bikin cowok gak romantis dan pos ini gw mencoba untuk membedah pola pikir pria kenapa dia bisa jadi gak romantis dengan bingkai ilmu feminisme (kesetaraan) which in a relationship we should be a subject. both of us, walaupun tidak menutup kemungkinan kita bisa bertukar dan membagi peran menjadi objek-subjek tetapi selama proporsinya masih setara it is okay.

Sebagai perempuan yang dibesarkan dengan film-film disney princess gw setengah mampus berharap mempunyai pasangan yang seperti pangeran yang super maskulin yang romantis. tapi standar romantis setiap orang berbeda atau kita bisa sebut bahasa cinta. 

kenapa dia bisa gak romantis?

relasi romansa yang gw bangun adalah seiring bukan digiring. kami menolak relasi peniadaan. dia memperlakukan gw sebagai patner yang setara dan gw juga begitu. kadang kami bermain peran tapi tidak merubah rupa asli kami yang seutuhnya. intinya kami berelasi dengan tetap menjadi diri kami masing-masing.

gw membuat hipotesa sotoy bahwa ada hubungan antara tingkat keegoisan dengan sikap romantis.

kok bisa zy?

untuk menjadi romantis (membahagiakan pasangannya) berarti si orang (bisa cewek bisa cowok) mau untuk merubah posisi dirinya menjadi objek despite they have being subject in this relationship. I mean, being romantis mean sacrifice. apa yang di korbankan adalah harga diri-pride-gengsi.

untuk menjadi romantis juga dibutuhkan kemampuan empati untuk menelisik standar 'romantis' pasangan atau bahasa cinta dari pasangan. misal ada cewek yg baru dipuji dikit bisa bilang pacarnya romantis tapi ada cewek yang dipuji sama pacarnya ya biasa aja karena emang dia tau dirinya cantik dan semua orang mengakui kecantikannya (eh cadi curhat :p). Nah biar kita ga salah memperlakukan pasangan, ada baiknya kita tahu beberapa bahasa cinta:
1. words of affirmation
misal ada cewek yg baru dipuji dikit bisa bilang pacarnya romantis atau ada cowo yang suka dipuji keren pas main bola
2. Quality time
Misalnya beres cape pulang kerja atau kuliah, kalian menghabiskan waktu berdua selama berjam-jam
3. Receiving Gifts
Hadiah ini bisa berupa aja, biasanya yang suka dikasih hadiah gak akan liat hadiahnya mahal ataupun murah
4.Act Of Service
Artinya dilayani. Misalnya dibukakan pintu atau dimasakin
5. Physical Touch
Sentuhan fisik bukan berarti tentang seks yaaa. maksud sentuhan fisik disini misalnya pegang tangan, pelukan hangat, usapan halus di kepala. Kalo mau tau bahasa cinta yang dipake pasangan, coba liat respon dia pas ada temennya sedih, kalo responnya menepuk punggungnya berarti salah satu bahasa cinta pasangan adalah sentuhan fisik.

See? Mudah kan untuk tau bahasa cinta dari pasangan..

Tapi ya untuk menjadi romantis, kamu harus bersedia mengganti posisi dari subjek menjadi objek dalam hubungan percintaan ini. bersedia jadi orang yang membahagiakan. bukannya cinta begitu? siapa yang paling cinta dia yang selalu salah. sama dengan bersikap romantis, kamu butuh untuk meruntuhkan beberapa ego, bersedia menelusuri dan mengerti standar romantis yang dianut pasangan sehingga kamu bisa tau apa kira-kira tindakan 'romantis' yang bisa bikin pasangan kita kelepek-kelepek.

tujuan untuk bersikap romantis kan agar si pasangan kita melting dan bahagia. memposisikan si pasangan sebagai subjek dan kita yang jadi objek.

orang egois akan fokus pada dirinya sendiri. gw tidak melarang bersikap egois. bersikap egois itu penting loh, karena cuma kita yang bisa dan tau bagaimana mencintai diri kita sendiri.

tapi egois ini juga yang membenturkan kita pada dinding ketika mencoba membahagiakan pasangan dengan bersikap romantis I mean, dengan selalu melihat diri kamu sebagai center of the universe (i believe in that) kamu lupa bahwa perintilan-perintilan disekeliling kamu juga membantu kamu untuk survive. jadi kadang kamu harus memposisikan diri sebagai perintilan itu sehingga perintilan itu melakukan tugasnya dengan baik.

empati itu gak mudah, tapi sekalinya kamu pakai teknik ini dalam membaca kepribadian orang. kamu akan dengan mudah membaca orang seperti pembaca pikiran.

oke balik lagi,

jadi, misalkan ada pasangan baik cowo maupun cewe yang sama-sama egois. siapa yang berpeluang lebih besar untuk bisa menjadi romantis?

jawabannya si perempuan.

kenapa?


karena perempuan melalui sosialisasi berdasarkan gender dikonstruksikan oleh masyarakat lebih ditolerir dalam menunjukan ekspresi dan emosinya. kalau cowok nangis, pasti kita ledek-ledek kan. kalau perempuan nangis di muka umum kita anggap biasa (kita kejam ya, padahal kan menangis cuma bentuk ekspresi)

perempuan akan lebih diterima dalam mengungkapkan emosinya seperti sedih, marah, bahagia, dst. gw pernah tuh nonton film judulnya 'always' itu pemeran cowoknya kaya batu dibuat sok tegar mulu. konstruksi kaya gini cowok gak boleh berekspresi yang bikin kesempatan pria kena penyakit jantung lebih besar dari perempuan!

laki-laki akan dihargai dnegan membungkam emosinya. sedangkan perempuan akan lebih mudah menunjunkan emosinya karena masyarakat memberi ruang. akibatnya, perempuan lebih mudah untuk bisa berempati.

jika gw, perempuan dalam hubungan ini bersedia untuk meruntuhkan ego dan mencari tau standar romantis pasangan gw ini. maka gw bisa bersikap romantis. sedangkan buat pihak cowo akan lebih susah karena melewati dua tahapan yg ditentang masyarakat tersebut.


nah gitu.


tulisan ini bukan kode biar jadi romantis. ini cuma murni observasi gw kok. gw juga baru sadar karena gw penganut bahasa simbolik yang konsentrasinya sering terganggu gw jadi kurang peka dan gak bisa membaca kode. gw juga suka diledek polos dan naif jadi gampang dikibulin. huft. padahal gw cuma penganut bahasa simbolik.

anyway berpikir positif itu seru loh!

1 comment:

 

Catatan Gadis Puisi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review